Home

Tentang IKAPETRA

PPPKPetra sebagai lembaga pendidikan Kristen di Kota Surabaya yang sudah selama enam puluh tahun berkarya dibidang pendidikan, telah menghasilkan generasi anak bangsa yang berkarya di berbagai bidang di negara ini. Hasil karya dan prestasi alumni PPPK Petra bisa dirasakan dan berarti bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Pembentukan IKAPETRA ini bertujuan menjadi wadah alumni untuk terus berkarya positif bagi negara dan menjadikan teladan serta saluran berkat bagi generasi penerus pada umumnya maupun para siswa yang bersekolah di PPPK Petra pada khususnya.  

Menyadari pentingnya alumni sebagai kekuatan yang besar untuk menggalang persatuan dan kebersamaan, serta potensi yang begitu besar dan menghadapi tantangan di masa depan yang semakin berat, maka beberapa alumni senior dan alumni ‘star’ tergerak untuk berkumpul menyatukan visi membentuk wadah bersama.

Melalui serangkaian pertemuan yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat PPPK Petra, perwakilan alumni dari berbagai angkatan berkumpul bersama untuk merumuskan pembentukan IKAPETRA. Pada tahap awal, dibentuklah formatur IKAPETRA sebagai embrio untuk membentuk satu wadah Ikatan Alumni PPPK Petra (IKAPETRA). Sebagai ketua formatur IKAPETRA saat itu adalah Bapak Happy Gunawarman, alumnus SMA Kristen Petra Kalianyar angkatan tahun 1971. Opini, gagasan, dan visi yang sama, menghasilkan formula baku seperti struktur IKAPETRA, periode kepengurusan, serta program-program IKAPETRA.

Berselang enam bulan masa tugas formatur IKAPETRA, pada tanggal 29 April 2011 bertepatan dengan perayaan HUT ke-60 PPPK Petra yang diselenggarakan di Auditorium PPPK Petra, IKAPETRA dibentuk. Melalui penetapan surat keputusan Dewan Pengurus PPPK Petra nomor 525/A/I/X/2011, IKAPETRA menjadi wadah resmi bagi alumni PPPK Petra. Ketua IKAPETRA yang terpilih adalah Bapak Happy Gunawarman. Periode kepengurusan IKAPETRA 2 tahun, yaitu tahun 2011-2013.
pengurus_ikapetra
Selain itu, dalam kepengurusan IKAPETRA dibentuk koordinator angkatan dan koordinator wilayah yang membantu dan menjadi ‘jembatan’ untuk program-program IKAPETRA. Saat ini, melalui surat penetapan pengurus IKAPETRA telah ditunjuk koordinator wilayah Jakarta yaitu Ibu Lim Nging Lian; dan koordinator wilayah Bali yaitu Bapak Budi Santoso. Ke depannya, pengurus IKAPETRA mengharapkan wakil alumnus dari berbagai tempat, baik di Indonesia mapun luar negeri, bersedia menjadi koordinator wilayah, sehingga bisa membangun networking yang luas.

IKAPETRA memiliki motto Unity for Better Life sebagai sebuah ajakan kepada sesama alumni untuk bertanggung jawab kepada sesama, baik kepada sesama alumni, lingkungan, dan Tuhan.

Keanggotaan alumni diperuntukkan bagi para alumnus yang pernah mengenyam pendidikan di PPPK Petra baik itu jenjang TK, SD, SMP, maupun SMA/SMK, mulai tahun 1951 sampai dengan sekarang. Pendataan keanggotaan alumni diperoleh melalui sumbangan data dari wakil alumnus yang hadir, pengumpulan data dari sekolah dan pendataan elektronik melalui website http://alumni.pppkpetra.or.id.

Salah satu program yang tengah dijalankan adalah persiapan reuni akbar yang akan diselenggarakan pada awal tahun 2012, dengan diikuti serangkaian kegiatan pendukungnya.  

Selamat bergabung bersama IKAPETRA.

This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it